Kamis, 27 November 2014

Guru Melek IT - Upload Konten Pembelajaran Berbasis ICT

Guru Melek IT  - Upload Konten Pembelajaran Berbasis ICT

Kisah Guru – Pamong Didik. Kembali mengisahkan tentang kegiatan saya yang kali ini di undang untuk mengikuti kegiatan Upload Konten Pembelajaran Berbasis ICT yang diadakan oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Bertempat di hotel Rodhita, Banjarmasin dengan waktu pelaksanaan dari tanggal 26 s.d 27 November 2014.

Kegiatan upload konten ini sepertinya merupakan lanjutan dari Gebyar TIK 2014 dimana para peserta yang sudah melakukan proses pembuatan media presentasi pembelajarannya diharuskan untuk melakukan upload ke portal pendidikan yang disediakan oleh BTIKP. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh masing-masing peserta, seperti melakukan tahap akhir untuk melakukan publishing materi pelajaran yang awalnya dibuat menggunakan Microsoft PowerPoint menjadi file berekstensi .swf dengan menggunakan aplikasi tambahan iSpring Sollution.

Banyak hal yang menarik yang bisa saya amati dalam kegiatan tersebut, awalnya pun saya masih bingung untuk menentukan seperti apa hasil akhir yang nantinya bisa ditampilkan pada portal tadi dan dengan terus mencoba akhirnya dapatlah setingan yang ternyata sangat mudah dan terlewatkan untuk dilakukan.

Bahkan ketika proses uploading konten berlangsung, para peserta seperti rebutan koneksi internet yang disediakan oleh pihak hotel. Dan untuk koneksi saya pun dengan tiba-tiba menghilang entah karena terlalu over kouta yang hasilnya saya harus menggunakan koneksi sendiri, untung pake internet unlimited..hehehe…


Portal PPMBTIK - BTIKP
Dan karena proses upload yang bersamaan diantara ke-50 peserta yang mengikuti kegiatan, alhasil ada yang berhasil namun ada juga yang tidak bisa masuk sama sekali. PPMBTIK (Portal Pusat Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK) yang beralamatkan www.ppmbtik.org adalah sebuah portal untuk menampung media presentasi pembelajaran yang disediakan oleh para guru, ada berbagai tingkatan pusat sumber belajar (PSB) yang disediakan mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Untuk portal ini hampir serupa dengan PSB-PSMA yang dulu sering saya ikuti namun sekarang hilang entah kemana, padahal portal tersebut sangat bermanfaat untuk para pendidik. Dan harapan saya pun untuk PPMBTIK ini jangan terjadi hal yang serupa serta terus menjadi acuan bagi para pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT.

Selain melakukan kegiatan upload konten media pembelajaran, kita pun diperkenalkan dengan berbagai materi dalam meningkatkan kualitas presentasi yang telah dibuat. Berbagai acuan untuk tempat download file swf serta pengenalan aplikasi Autoplay dari indigorose pun menjadi materi yang mampu menginspirasi. Saya pun berkeinginan dalam beberapa postingan kedepan akan melakukan update tutorial aplikasi autoplay ini sebagai tambahan dari materi-materi panduan yang telah saya buat mengenai elearning tool seperti iSpring dan Articulate.

Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras untuk mempersiapkan acara ini, semoga kedepannya kegiatan ini mampu menjadikan para pendidik yang berkualitas serta tidak gagap teknologi. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya ketika ada kesalahan dari sikap dan ucapan saya kepada seluruh peserta bahkan panitia.

Untuk melihat slide show foto kegiatan silahkan ke sini

Dan semoga lagi… kita mampu menjadi guru yang melek IT sehingga mampu menginspirasi para anak didik kita untuk menjadi lebih baik lagi.


IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog